Rabu, 20 September 2017

SOALUJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL NAHWU 1X

PONDOK MODERN
مؤسسة دلائل الخيرات الاسلامية العصريةقدس
MTs MODERN DALAAILUL KHOIROT KUDUS
Jl. Raya UsmaniyahKesambi-Temulus No. 1 Kudus 59381 Telp. (0291) 4251820
Email : mtsmdkk@yahoo.co.id
 

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MTS MODERN DALAAILUL KHOIROT KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Hari / Tgl         : Sabtu / Maret 2015                           Waktu             : 150 Menit
Mapel              : NahwuShorof                                               Jam                  : 10.30-12.00 WIB
Kelas               : IX
I.     Berilahtandasilang ( X )huruf a, b, c, d ataupadajawaban yang benar



1.    Pengertian nahwu secara bahasa bermakna  Bermaknaالقصد yang artinya….
a.    menyengaja)
b.    arah
c.    bagian
d.   seperti
2.    Pengertian nahwu secara bahasa bermakna  Bermaknaالجهة yang artinya….
a.    menyengaja)
b.    arah
c.    bagian
d.   seperti
3.    Pengertian nahwu secara bahasa bermakna  BermaknaBermakna المثل yang artinya ….
a.    menyengaja)
b.    arah
c.    bagian
d.   seperti
4.    Pengertian nahwu secara bahasa bermakna  Bermaknaالمقدارyang artinya ….
a.    Kira-kira
b.    arah
c.    bagian
d.   seperti
5.    Pengertian nahwu secara bahasa bermakna  bermaknaالقسم  yang artinya ….
a.    menyengaja
b.    arah
c.    bagian
d.   seperti
6.    Pengertian nahwu secara bahasa bermakna  Bermaknaالبعض yang artinya….
a.    menyengaja)
b.    arah
c.    bagian
d.   seperti
7.    Ilmutentangpokok-pokok yang diambildariqoidah-qoidaharab, untukmengetahuikeadaanakhirnyakalimahdarisegiI’robdanmabnidisebutpengertiannahwumenurut….
a.    Bahasa
b.    Istilah
c.    Ulamausul
d.   Ulamafiqih
8.    Untukmenjagakesalahandansebagaipengantaruntukmemahami al-Qur’an danHaditsdisebut….
a.    Faidahilmunahwu
b.    Tujuanilmunahwu
c.    Keutamaanilmunahwu
d.   Pembahasanilmunahwu
9.    Abu al-aswdaddualiadalahseorangpengarangkitab ….
a.    Nahwu
b.    Shorof
c.    Manteq
d.   Balaghoh
10.    Supayamampumemahamimakna al-qurandanhadits, yang keduanyamerukandasar agama islamdisebut….
a.       Faidahilmunahwu
b.      Tujuanilmunahwu
c.       Keutamaanilmunahwu
d.      Pembahasanilmunahwu
11.    Ilmu yang akanmemahamimakna al-qurandanhaditsdisebut….
1.    Faidahilmunahwu
2.    Tujuanilmunahwu
3.    Keutamaanilmunahwu
4.    Pembahasanilmunahwu
12.    Sumberilmunahwudiambildari….
a.       Al-qur’andan al-hadits
b.      Zabur
c.       Taurat
d.      Injil
13.    Membicarakantentangselukbelukbahasaarabdisebut….
a.    Faidahilmunahwu
b.    Tujuanilmunahwu
c.    Keutamaanilmunahwu
d.   Pembahasanilmunahwu
14.    Ilmunahwudibandingilmu-ilmu agama lainnya, adalahsangatbermanfaatmanfaatuntukmengetahuiilmu-ilmu agama yang lain disebut….
a.    Faidahilmunahwu
b.    Tujuanilmunahwu
c.    Keutamaanilmunahwu
d.   Nisbatilmunahwu
15.    Lafadz yang berfaidahdantersusundisebut….
a.    Kalam
b.    Lafadz
c.    Murokkab
d.   Mufid
16.    Lafadzterbagimenjadiduayaitu….
a.    Kalamdankalim
b.    Lafadzdanmufid
c.    Murokkabdanwadlo’
d.   Muhmaldanmusta’mal
17.    suara yang mengandungsebagianhurufhijaiyahdisebut….
a.     Kalam
b.    Lafadz
c.     Murokkab
d.    Mufid
18.    Lafadzmusta’malterbagimenjadi3 bagianyaitu….
a.       Kalam, ,LafadzdanMurokkab
b.      Mufrod , murokkabdanmuallaf
c.       Kalim ,LafadzdanMurokkab
d.      Kalimahkalimdanlafadz
19.    lafadz yang juz ( pembagian ) darilafadznyatidakbisamenunjukkanjuzmaknanyadisebut….
a.       Mufrod
b.      Murokkab
c.       Muallaf
d.      ,Lafadz
20.    lafadz yang juzdarilafadzitutidakbisamenunjukkanmakna, sedangjikamelihatmelihatdarisisi yang lain bisamenunjukkanmakna.disebut….
a.       Mufrod
b.      Murokkab
c.       Muallaf
d.      Kalim
21.    lafadz yang juz-juzdarilafadznyabisamenunjukkanmadlul lain darisemuasudutpandang.disebut….
a.    Mufrod
b.    Murokkab
c.    Muallaf
d.   ,Lafadz
22.    Memberikefahamanpadamakna, yang diamnyamutakallim( pembicara ) dansami’ ( pendengar ) dianggapbagus, sekirasami’ sudahtakmenunggu yang di qoyyidi ( di tentukandenganmenunggu yang sempurna )disebut….
a.    Mufid
b.    Murokkab
c.    Muallaf
d.   Kalim
23.    lafadz yang tersusundari 2 kalimah/lebihdengansusunanisnadi ( penisbatan/ penyandaranhukum yang menjadikesempurnaanfaidah )disebut….
a.    Mufid
b.    Murokkab
c.    Muallaf
d.   Kalim
24.    Dibawahini yang termasukpengertiankalamyaitu….
a.    Lafadz yang berfaidahdantersusun
b.    lafadz yang tersusundari 2 kalimah/lebih
c.    suara yang mengandungsebagianhurufhijaiyah
d.   lafadz yang juz ( pembagian ) darilafadznyatidakbisamenunjukkanjuzmaknanya
25.    Dibawahini yang termasukfaidahilmunahwuyaitu….
a.    Untukmenjagakesalahandansebagaipengantaruntukmemahami al-Qur’an danHadits
b.    membicarakantentangselukbelukbahasaarab.
c.    Ilmunahwudibandingilmu-ilmu agama lainnya, adalahsangatbermanfaatmanfaatuntukmengetahuiilmu-ilmu agama yang lain
d.   lafadz yang tersusundari 2 kalimah/lebih
26.    lafadz yang tersusundari 3 kalimah/lebihdisebut….
a.    Kalim
b.    Kalam
c.    Kalimah
d.   Lafadz
e.    Wadloa’
27.    lafadz yang menunjukkanpadamaknamufrodsecara, sejak di cetaknya.disebut….
a.    Kalim
b.    Kalam
c.    Kalimah
d.   Lafadz
28.    Kalimahterbagimenjadi…bagian
a.    Satu
b.    Dua
c.    Tiga
d.   Empat
29.    Kalimah yang menunjukkanmaknadengansendirinya( tanpamembutuhkanlafadz lain ) dantidakdisertaizamansecarawadlo’ disebut….
a.    Kalimahisim
b.    KalimahFiil
c.    KalimahHuruf
d.   KalimahIsimmufrod
30.    Kalimah yang menunjukkandengansendirinya, dengandisertaisalahsatudari 3 zaman( madli, hal/istiqbal ) disebut….
a.    Kalimahisim
b.    KalimahFiil
c.    KalimahHuruf
d.   KalimahIsimjama’
31.    Kalimah yang menunjukkanmaknadenganmembutuhkanlafadzlaindantidakdisertaizamandisebut….
a.    KalimahFiil
b.    KalimahHuruf
c.    KalimahIsimmufrod
d.   KalimahIsimjama’
32.    lafadz yang berfaidahsecaramutlaq ( baikituberupalafadz yang mufrodataumurokkab ) disebut….
a.    Kalam
b.    Kalimah
c.    Kalim
d.   Qoul
e.    Wadlo’
33.    Nun matiyang bertemu akhirnya kalimah isim, yang wujud dalam pengucapan, namun tidak wujud dalam tulisannya yang tidak untuk taukidDisebut….
a.    Kalam
b.    Kalim
c.    Qoul
d.   Tanwin
34.    tanwin yang bertemu dengan isim-isim yang mu’rob dan munshorifdisebut….
a.    Tanwin tamkin
b.    Tanwin tankir
c.    Tanwin ‘iwad
d.   Tanwin ziyadah ( munasabah )
35.    Tanwin yang bertemu dengan isim-isim yang mabni, yang berfaidah untuk membedakan antara ma’rifat dan nakirohnya lafadzdisebut….
a.    Tanwin tamkin
b.    Tanwin tankir
c.    Tanwin ‘iwad
d.   Tanwin ziyadah ( munasabah )
36.    Tanwin yang mengganti perkara laindisebut….
a.    Tanwin tankir
b.    Tanwin ‘iwad
c.    Tanwin ziyadah ( munasabah )
d.   Tanwin taksir ( hamzi )
37.    tanwin yang bertemu jama’ muannassalim, sebagai perbandingan dari nun yang ada pada jama’ mudzakar salimdisebut….
a.    Tanwin muqobalah
b.    Tanwin ‘iwad
c.    Tanwin taksir ( hamzi )
d.   Tanwinziyadah
38.    Tanwin yang bertemu munada ( lafadz yang di panggil ) yang baik yang mabni rofa’ atau nasoblaindisebut….
a.    Tanwin tamkin
b.    Tanwin tankir
c.    Tanwin dloruroh
d.   Tanwin ziyadah
39.    tanwin yang bertemu ghoiru munshorif dengan tujuan untuk penyerasiandisebut….
a.     Tanwin tankir
b.    Tanwin ‘iwad
c.     Tanwin dloruroh
d.    Tanwin ziyadah
40.    Tanwin yang bertemu sebagian isim yang mabni, yang berfaidah menunjukkan makna banyakdisebut….
a.    Tanwin tamkin
b.    Tanwin ‘iwad
c.    Tanwin dloruroh
d.   Tanwin ziyadah


II.     Isilahtitik-titk di bawahinidenganjelasdanbenar




1.    Siapakahpengarangkitab Al-Fiyyah?
2.    Jelaskanpengertiannahwusecarabahasadanistilah?
3.    Apakah yang dinamakankalam?
4.    Bagaimanakahdefinisilafadz?
5.    Apakahdefinisimufid?


























                                                                                                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar