PONDOK
MODERN
مؤسسة دلائل الخيرات
الاسلامية العصريةقدس
Jl. Raya UsmaniyahKesambi-Temulus No. 1 Kudus 59381 Telp. (0291) 4251820
Email :
mtsmdkk@yahoo.co.id
UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MTS
MODERN DALAAILUL KHOIROT KUDUS
TAHUN
PELAJARAN 2015 / 2016
Hari / Tgl :
Sabtu / Maret 2015 Waktu : 150 Menit
Mapel :
NahwuShorof Jam : 10.30-12.00 WIB
Kelas :
IX
1.
Pengertian nahwu secara bahasa bermakna
Bermaknaالقصد yang artinya….
a. menyengaja)
b. arah
c. bagian
d. seperti
2.
Pengertian nahwu secara bahasa bermakna
Bermaknaالجهة yang artinya….
a.
menyengaja)
b.
arah
c.
bagian
d.
seperti
3.
Pengertian nahwu secara bahasa bermakna
BermaknaBermakna المثل yang
artinya ….
a.
menyengaja)
b.
arah
c.
bagian
d.
seperti
4.
Pengertian nahwu secara bahasa bermakna
Bermaknaالمقدارyang artinya ….
a.
Kira-kira
b.
arah
c.
bagian
d.
seperti
5.
Pengertian nahwu secara bahasa bermakna
bermaknaالقسم yang artinya ….
a. menyengaja
b. arah
c. bagian
d. seperti
6.
Pengertian nahwu secara bahasa bermakna
Bermaknaالبعض yang artinya….
a. menyengaja)
b. arah
c. bagian
d. seperti
7.
Ilmutentangpokok-pokok yang
diambildariqoidah-qoidaharab, untukmengetahuikeadaanakhirnyakalimahdarisegiI’robdanmabnidisebutpengertiannahwumenurut….
a.
Bahasa
b.
Istilah
c.
Ulamausul
d.
Ulamafiqih
8.
Untukmenjagakesalahandansebagaipengantaruntukmemahami
al-Qur’an danHaditsdisebut….
a. Faidahilmunahwu
b. Tujuanilmunahwu
c. Keutamaanilmunahwu
d. Pembahasanilmunahwu
9.
Abu al-aswdaddualiadalahseorangpengarangkitab
….
a.
Nahwu
b.
Shorof
c.
Manteq
d.
Balaghoh
10.
Supayamampumemahamimakna
al-qurandanhadits, yang keduanyamerukandasar agama islamdisebut….
a.
Faidahilmunahwu
b.
Tujuanilmunahwu
c.
Keutamaanilmunahwu
d.
Pembahasanilmunahwu
11.
Ilmu yang akanmemahamimakna
al-qurandanhaditsdisebut….
1.
Faidahilmunahwu
2.
Tujuanilmunahwu
3.
Keutamaanilmunahwu
4.
Pembahasanilmunahwu
12.
Sumberilmunahwudiambildari….
a.
Al-qur’andan al-hadits
b.
Zabur
c.
Taurat
d.
Injil
13.
Membicarakantentangselukbelukbahasaarabdisebut….
a.
Faidahilmunahwu
b.
Tujuanilmunahwu
c.
Keutamaanilmunahwu
d.
Pembahasanilmunahwu
14.
Ilmunahwudibandingilmu-ilmu agama
lainnya, adalahsangatbermanfaatmanfaatuntukmengetahuiilmu-ilmu agama yang lain disebut….
a.
Faidahilmunahwu
b.
Tujuanilmunahwu
c.
Keutamaanilmunahwu
d.
Nisbatilmunahwu
15.
Lafadz yang berfaidahdantersusundisebut….
a.
Kalam
b.
Lafadz
c.
Murokkab
d.
Mufid
16.
Lafadzterbagimenjadiduayaitu….
a.
Kalamdankalim
b.
Lafadzdanmufid
c.
Murokkabdanwadlo’
d.
Muhmaldanmusta’mal
17.
suara yang
mengandungsebagianhurufhijaiyahdisebut….
a.
Kalam
b.
Lafadz
c.
Murokkab
d.
Mufid
18.
Lafadzmusta’malterbagimenjadi3
bagianyaitu….
a.
Kalam, ,LafadzdanMurokkab
b.
Mufrod , murokkabdanmuallaf
c.
Kalim ,LafadzdanMurokkab
d.
Kalimahkalimdanlafadz
19.
lafadz yang juz ( pembagian )
darilafadznyatidakbisamenunjukkanjuzmaknanyadisebut….
a.
Mufrod
b.
Murokkab
c.
Muallaf
d.
,Lafadz
20.
lafadz yang
juzdarilafadzitutidakbisamenunjukkanmakna, sedangjikamelihatmelihatdarisisi
yang lain bisamenunjukkanmakna.disebut….
a.
Mufrod
b.
Murokkab
c.
Muallaf
d.
Kalim
21.
lafadz yang
juz-juzdarilafadznyabisamenunjukkanmadlul lain darisemuasudutpandang.disebut….
a.
Mufrod
b.
Murokkab
c.
Muallaf
d.
,Lafadz
22.
Memberikefahamanpadamakna, yang
diamnyamutakallim( pembicara ) dansami’ ( pendengar ) dianggapbagus,
sekirasami’ sudahtakmenunggu yang di qoyyidi ( di tentukandenganmenunggu yang
sempurna )disebut….
a.
Mufid
b.
Murokkab
c.
Muallaf
d.
Kalim
23.
lafadz yang tersusundari 2 kalimah/lebihdengansusunanisnadi
( penisbatan/ penyandaranhukum yang menjadikesempurnaanfaidah )disebut….
a.
Mufid
b.
Murokkab
c.
Muallaf
d.
Kalim
24.
Dibawahini yang
termasukpengertiankalamyaitu….
a.
Lafadz yang berfaidahdantersusun
b.
lafadz yang tersusundari 2
kalimah/lebih
c.
suara yang
mengandungsebagianhurufhijaiyah
d.
lafadz yang juz ( pembagian )
darilafadznyatidakbisamenunjukkanjuzmaknanya
25.
Dibawahini yang
termasukfaidahilmunahwuyaitu….
a.
Untukmenjagakesalahandansebagaipengantaruntukmemahami
al-Qur’an danHadits
b.
membicarakantentangselukbelukbahasaarab.
c.
Ilmunahwudibandingilmu-ilmu agama
lainnya, adalahsangatbermanfaatmanfaatuntukmengetahuiilmu-ilmu agama yang lain
d.
lafadz yang tersusundari 2
kalimah/lebih
26.
lafadz yang tersusundari 3
kalimah/lebihdisebut….
a.
Kalim
b.
Kalam
c.
Kalimah
d.
Lafadz
e.
Wadloa’
27.
lafadz yang
menunjukkanpadamaknamufrodsecara, sejak di cetaknya.disebut….
a.
Kalim
b.
Kalam
c.
Kalimah
d.
Lafadz
28.
Kalimahterbagimenjadi…bagian
a.
Satu
b.
Dua
c.
Tiga
d.
Empat
29.
Kalimah yang
menunjukkanmaknadengansendirinya( tanpamembutuhkanlafadz lain ) dantidakdisertaizamansecarawadlo’
disebut….
a.
Kalimahisim
b.
KalimahFiil
c.
KalimahHuruf
d.
KalimahIsimmufrod
30.
Kalimah yang
menunjukkandengansendirinya, dengandisertaisalahsatudari 3 zaman( madli,
hal/istiqbal ) disebut….
a.
Kalimahisim
b.
KalimahFiil
c.
KalimahHuruf
d.
KalimahIsimjama’
31.
Kalimah yang
menunjukkanmaknadenganmembutuhkanlafadzlaindantidakdisertaizamandisebut….
a. KalimahFiil
b. KalimahHuruf
c. KalimahIsimmufrod
d. KalimahIsimjama’
32.
lafadz yang berfaidahsecaramutlaq
( baikituberupalafadz yang mufrodataumurokkab ) disebut….
a.
Kalam
b.
Kalimah
c.
Kalim
d.
Qoul
e.
Wadlo’
33. Nun matiyang bertemu
akhirnya kalimah isim, yang wujud dalam pengucapan, namun tidak wujud dalam
tulisannya yang tidak untuk taukidDisebut….
a.
Kalam
b.
Kalim
c.
Qoul
d.
Tanwin
34. tanwin yang bertemu
dengan isim-isim yang mu’rob dan munshorifdisebut….
a. Tanwin tamkin
b. Tanwin tankir
c. Tanwin ‘iwad
d. Tanwin ziyadah (
munasabah )
35. Tanwin yang bertemu
dengan isim-isim yang mabni, yang berfaidah untuk membedakan antara ma’rifat
dan nakirohnya lafadzdisebut….
a. Tanwin tamkin
b. Tanwin tankir
c. Tanwin ‘iwad
d. Tanwin ziyadah (
munasabah )
36. Tanwin yang mengganti
perkara laindisebut….
a. Tanwin tankir
b. Tanwin ‘iwad
c. Tanwin ziyadah (
munasabah )
d. Tanwin taksir ( hamzi
)
37. tanwin yang bertemu
jama’ muannassalim, sebagai perbandingan dari nun yang ada pada jama’ mudzakar
salimdisebut….
a. Tanwin muqobalah
b. Tanwin ‘iwad
c. Tanwin taksir ( hamzi
)
d. Tanwinziyadah
38. Tanwin yang bertemu
munada ( lafadz yang di panggil ) yang baik yang mabni rofa’ atau nasoblaindisebut….
a. Tanwin tamkin
b. Tanwin tankir
c. Tanwin dloruroh
d. Tanwin ziyadah
39. tanwin yang bertemu
ghoiru munshorif dengan tujuan untuk penyerasiandisebut….
a. Tanwin tankir
b. Tanwin ‘iwad
c. Tanwin dloruroh
d. Tanwin ziyadah
40. Tanwin yang bertemu
sebagian isim yang mabni, yang berfaidah menunjukkan makna banyakdisebut….
a. Tanwin tamkin
b. Tanwin ‘iwad
c. Tanwin dloruroh
d. Tanwin ziyadah
II.
Isilahtitik-titk di
bawahinidenganjelasdanbenar
1.
Siapakahpengarangkitab Al-Fiyyah?
2.
Jelaskanpengertiannahwusecarabahasadanistilah?
3.
Apakah yang dinamakankalam?
4.
Bagaimanakahdefinisilafadz?
5.
Apakahdefinisimufid?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar